Siklus Manajemen Proyek

Siklus Manajemen Proyek

Initiation Stage

Identification of the problem

Globalisasi telah mempengaruhi banyak aspek di Indonesia, salah satunya adalah kepedulian masyarakat kepada budaya dan suku di Indonesia. Masyarakat Indonesia, terutama anak-anak kecil lebih banyak memilih melakukan hal lain, seperti bermain gadgetnya, daripada mempelajari budaya-budaya yang ada di Indonesia. Maka dari itu, Client meminta untuk merancang sebuah aplikasi permainan yang dapat mengajarkan dan mengenalkan budaya dan suku yang ada di Indonesia secara fun.

Identification of the scope

Ruang lingkung dari aplikasi dari permainan ini adalah diperuntukkan kepada anak-anak sekolah dasar & remaja yang ingin mengenali budaya dan suku-suku di Indonesia.

Identification of Deliverables

Deliverables dari aplikasi permainan ini adalah aplikasi permainan edukasi yang memiliki tema budaya-budaya dan suku yang ada di Indonesia. Aplikasi ini diberi nama "Argelia". Aplikasi ini dapat menampilkan buku yang berisi informasi-informasi suku, budaya, dan tradisi yang ada di Indonesia, yang bisa didapatkan ketika bermain permainan ini. Permainan ini memiliki gameplay seputar tentang bagaimana budaya dan adat Indonesia tersebut dilakukan.

Identification of the project stakeholders

Stakeholders pada proyek ini adalah client dan pengguna/pemain dari aplikasi permainan ini

Development of a business case

Business case dari proyek ini ada beberapa macam, pertama, pemain yang memainkan game ini akan mendapatkan edukasi tentang budaya dan suku yang ada di Indonesia. Selanjutnya, pemain akan mendapatkan entertainment dari permainan ini, sehingga tidak hanya belajar saja tetapi juga mendapatkan fun.

Planning Stage

Identification of the the project timeline

Proyek ini dilaksanakan selama 1 bulan. Dalam 1 bulan tersebut terdapat brainstorming, pematangan konsep dasar, prototyping permainan, pengembangan aplikasi permainan, testing, dan pada akhirnya melakukan serah terima dengan client.

Creation of workflow documents

  • Persetujuan fitur dan scope
  • Pembuatan konten oleh client
  • Prototyping aplikasi permainan
  • Pembuatan aplikasi permainan oleh team
  • Testing dan revisi aplikasi permainan
  • Menyerahkan hasil aplikasi permainan ke Client

Estimation of budgets

Budget yang diperlukan adalah Rp3.000.000,00. Budget tersebut akan digunakan untuk menutupi kebutuhan team pengembang, serta sebagai jasa untuk membuat aplikasi permainan ini. Software tidak perlu ada budget karena software yang digunakan bersifat free.

Gathering resources

Resource atau sumber daya yang diperlukan untuk proyek pengembangan aplikasi permainan ini adalahh laptop beserta peripheral, serta sumber daya manusia sebanyak 3 orang yang meliputi programmer, designer, dan art.

Risk anticipation

Resiko yang bisa terjadi pada proyek aplikasi permainan ini adalah ketelatan dalam pengembangannya, sehingga tidak sesuai waktu yang telah ditentukan oleh client, yang dapat diantisipasi dengan memperbanyak komunikasi dan monitoring yang dilakukan project leader.

Execution Stage

Creating tasks and organizing workflows

Tugas dalam proyek aplikasi permainan ini dibagi menjadi 3, yaitu Programming, Designer, dan Art.

Explaining tasks to team members

Tugas-tugas yang akan dikerjakan oleh team akan dijelaskan pada saat rapat pembuka dari proyek ini

Communicating with team members

Komunikasi dilakukan setiap hari untuk mendapatkan progress dari masing-masing individu. Sedangkan rapat untuk team dilakukan setiap seminggu sekali.

Monitoring

Monitoring pada proyek ini dilakukan setiap seminggu sekali, ketika diadakan rapat dengan anggota team.

Managing budget

Budget pada proyek ini akan dimanage agar memastikan proyek berjalan dengan baik dan lancar, untuk memenuhi kebutuhan primer dari anggota team.

Closure

Determining the goals

Goal dari proyek ini adalah untuk mengedukasi masyarakat dengan budaya-budaya yang ada di Indonesia, khususnya anak-anak yang masih berusia muda. Aplikasi diharapkan berjalan lancar dan tidak ada bug yang mengganggu selama bermain.

Evaluation of the team's performance

Selama pengerjaan aplikasi permainan ini, semua berjalan dengan baik dan sesuai dengan timeline/deadline yang telah ditentukan

Making sure that all aspects of the project are completed & providing reports to key stakeholders

Pada akhir proyek akan diserahkan laporan akhir dari aplikasi permainan dan akan diadakan demo aplikasi kepada Stakeholder. Demo tersebut akan ditampilkan bagaimana permainan tersebut akan dimainkan oleh pemain.

Conducting a final analysis of the project

Program aplikasi permain telah berjalan sesuai dengan permintaan Client dan sudah tidak ada permasalah atau bug yang muncul.

Komentar

Postingan Populer